Tanjung – Bidang Cipta Karya. Bidang Cipta Karya dipimpin langsung oleh Kabid Cipta Karya, H. Slamet Riyadi, ST mengikuti sinkronisasi dan harmonisasi Usulan Dana DAK Bidang Air Minum dan Sanitasi yang sudah diinput melalui aplikasi KRISNA. Sinkronisasi dan Harmonisasi ini dalam rangka pembahasan atas usulan – usulan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong dalam hal ini Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kab. Tabalong.

Sebelumnya, Dinas PUPR Kabupaten Tabalong melalui Bidang Cipta Karya pada tahun 2021 mengusulkan Dana DAK Bidang Air Minum sebanyak 24 kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi dari usulan yang disampaikan melalui aplikasi KRISNA, usulan yang disetujui sebanyak 17 kegiatan dan usulan yang masih menjadi discuss sebanyak 7 kegiatan.

Sedangkan untuk usulan Dana DAK Bidang Sanitasi, usulan yang disampaikan melalui aplikasi KRISNA sebanyak 15 usulan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi dan usulan yang disetujui sebanyak 13 usulan dan usulan yang masih discuss sebanyak 2 kegiatan.

Acara sinkronisasi dan harmonisasi ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi video conference Zoom pada tanggal 1 -3 september 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID) Setjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kegiatan yang diikuti 169 (serratus enam puluh sembilan) kabupaten/kota yang berada di wilayah tengah Indonesia, dibuka langsung oleh Kepala PFID Bapak Riono Suprapto, SE, ST, MT. Kemudian setiap daerah melakukan desk sesuai dengan bidang masing – masing dengan pihak kementerian PUPR dengan fasilitasi oleh BPPW Kalimantan Selatan.

Berdasarkan hasil desk sinkronisasi dan harmonisasi yang sudah dilaksanakan, untuk DAK Bidang Air Minum usulan yang sudah disetujui adalah sebanyak 5 kegiatan. Sedangkan untuk 19 kegiatan lainnya dijadikan stock program sehingga dapat diusulkan lembali apabila masih tersedia pagu dana. Sedangkan  untuk Bidang Sanitasi seluruh usulan disetujui sebanyak 15 usulan.

Semoga dengan usulan Dana DAK Bidang Air Minum dan Sanitasi ini dapat mempercepat pemenuhan target akses air bersih dan sanitasi di Kabupaten Tabalong menjadi 100 persen.