Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui sekretaris Daerah. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

 

Dalam melaksanakan tugas Dinas Pekerjaan Umum menyelenggarakan fungsi :

  1. perumusan kebijakan di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang .
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
  4. pelaksanaan administrasi dinas di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan bupati terkait dengan tugas fungsi lainnya.

 

Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi dinas yang merupakan amanah yang harus diemban dalam memberikan pelayanan infrastruktur pekerjaan umum, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong sampai pada akhir tahun 2018 ini didukung oleh 100 orang sumber daya manusia yang terdiri dari 65 PNS dan 35 Tenaga Kerja Kontrak yang berasal dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian.

Berdasarkan pendidikan, dari 65 orang jumlah PNS yang ada maka jumlah PNS yang berpendidikan D4/S1 sebanyak 28 orang. Sedangkan yang berpendidikan Strata-2 sebanyak 8 orang. Sehingga kalau berdasarkan persentase tingkat pendikan PNS Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong ini sebanyak 52% sudah memiliki Pendidikan D4/S1 keatas.

Sedangkan berdasarkan kepangkatan maka jumlah PNS yang memiliki kepangkatan golongan I sebanyak 2 orang, golongan II sebanyak 15 orang, golongan III sebanyak 42 orang dan golongan IV sebanyak 6 orang. Sedangkan dari segi jabatan, maka dari jumlah PNS pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong sebanyak 65 orang, sebanyak 27 orang sudah memiliki jabatan struktural yang terbagi bermacam-macam esselon.

Selain Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong juga terdapat Tenaga Kerja Kontrak pada masing-masing bidang. Tenaga Kerja Kontrak tersebut membantu baik dari tenaga kebersihan, tenaga pramubakti, satpam/jaga malam serta tugas lainnya pada bidang masing-masing.